MTsN 1 NOMINATOR SEKOLAH ADIWIYATA TINGKAT NASIONAL TAHUN 2012

PAB. Bukittinggi. Satu lagi prestasi gemilang ditorehkan oleh Kota Bukittinggi, kali ini giliran MTsN 1, di mana, madrasah yang terletak di Gulai Bancah ini menjadi salah satu utusan Propinsi Sumatera Barat untuk dinominasikan sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. Penghargaan Adiwiyata ini merupakan penghargaan kepada sekolah-sekolah yang memberikan perhatian kepada lingkungan hidup, baik secara fisik di sekolahan itu berada, maupun dalam kurikulum pembelajaran kepada para siswanya.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi Drs.H.M. Nasir dalam amanatnya saat Upacara gabungan di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi menyatakan bahwa pencapaian ini adalah sebuah prestasi yang luar biasa, di mana, ini adalah tahun pertama MTsN 1 mengikuti lomba Sekolah Adiwiyata, diluar dugaan langsung dinominasikan ke Tingkat Nasional. Pencapaian ini tidak bisa dilepaskan dari kerjasama tim yang kolektif kolegial serta sangat solid yang berada di MTsN 1 Bukittinggi.
Adiwiyata merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Kata Adiwiyata berasal dari Bahasa Sansekerta yang berarti tempat yang baik dan ideal di mana diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika.
Ada empat kriteria penilaian Sekolah Adiwiyata, yaitu:
1. Kebijakan Berwawasan Lingkungan
2. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan
3. Kegiatan Berbasis Partisipatif
4. Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan
Pemilihan Sekolah Adiwiyata tingkat Kota Bukittinggi dimulai dengan penetapan calon-calon Sekolah Adiwiyata berdasarkan pemenang lomba UKS tingkat Kota Bukittinggi tahun 2011 yang terdiri dari 9 sekolah yaitu SMAN 5 Bukittinggi, MAN Model Bukittinggi, SMKN 01 Bukittinggi, SMPN 03 Bukittinggi, MTsN 1 Bukittinggi, MTsN 2 Bukittinggi, SDN 06 Bukittinggi, SDN 04 Garegeh dan SDN 09 Belakang Balok. kemudian diadakan seleksi dokumen dan penilaian lapangan oleh tim penilai Sekolah Adiwiyata Kota Bukittinggi. Dari hasil seleksi tersebut, maka ditetapkan tiga sekolah yang akan mewakili Kota Bukittinggi untuk penilaian Sekolah Adiwiyata Tingkat Propinsi yaitu SDN 06 ATTS, MTsN 1 Bukittinggi dan SMPN 03 Bukittinggi.
Penilaian oleh Tim Provinsi dilakukan pada tanggal 26 April 2012, yang juga bertepatan dengan pelaksanaan Ujian Nasional Tingkat SMP/MTs. Di tengah kesibukan itu, MTsN 1 Bukittinggi mampu memberikan hasil yang maksimal pada saat penilaian, sehingga objektivitas dalam penilaian benar-benar diperoleh. Dari hasil penilaian Tim Propinsi, MTsN 1 Bukittinggi dan SDN 06 Tengah Sawah menjadi wakil Kota Bukittinggi sebagai calon sekolah Adiwiyata Tahun 2012 dari 30 sekolah/madrasah lainnya yang menjadi utusan Propinsi Sumatera Barat.
Kepala MTsN 1 Bukittinggi Hj. Aisyah S.Ag M.Pd mengatakan bahwa pencapaian ini berkat kerjasama semua warga sekolah, baik dari Guru, Pegawai, Komite Sekolah sampai kepada semua siswa, dan mengharapkan dukungan serta doa daari semua pihak pada penilaian yang akan dilakukan Tim Penilai Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional yang direncanakan akan turun ke lapangan pada 07 s.d 21 Mei 2012 mendatang. Azril