SOSIALISASI PENGELOLAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SE-KOTA BUKITTINGGI

Bukittinggi,
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi Drs.H.M. Nasir, secara resmi membuka acara Sosialisasi Standar Pengelolaan Pendidikan Agama Islam se-Kota Bukittinggi yang diselenggarakan oleh Seksi Mapenda Kankemenag kota Bukittinggi, Selasa, 26 Oktober 2011. Sosialisasi ini diikuti oleh kepala sekolah SMP, SMA dan SMK, pengurus KKG SD, MGMP SMP/SMA/K dan utusan Guru PAI se-Kota Bukittinggi dengan jumlah peserta 40 orang. Turut hadir pada pembukaan acara ini Ketua Pokjawas dan pejabat dilingkungan Kemenag kota Bukittinggi.
Pada kesempatan itu Drs.H.M.Nasir menekankan bahwa tugas dan tanggungjawab pendidikan generasi Bangsa di negeri ini (RI) dikelola oleh dua Kementerian. Yaitu Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan Nasional. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, pendidikan agama dan keagamaan diselenggarakan oleh Kementerian Agama, sebagaimana diatur PP Nomor 55 Tahun 2007, tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan. M. Nasir mengatakan, “Generasi bangsa Indonesia hari ini krisis moralitas dan akhlak. Disisi lain tantangan mereka tidaklah ringan. Antara lain dampak negatif keterbukaan informasi dan kemajuan teknologi yang sering salah pakai. Sehingga sulit dibedakan, generasi terdidik dan generasi yang tidak terdidik. Bekal pendidikan agama mutlak menjadi perhatian semua pihak. Jangan dianggap soal penanaman nilai-nilai agama hanya menjadi tugas guru agama saja, tapi menjadi tanggungjawab bersama semua guru di sekolah. Kementerian Agama menyelenggarakaqn pendidikan agama dan pendidikan keagamaan secara terprogram dan terukur. Pengejawantahan dari tugas dan kewenangan Kemenag inilah yang diupayakan secara sistemik pada lembaga formal di sekolah dan madrasah. Dan diluar jam sekolah, mesti diefektifkan fungsi MDA, TPQ, TPSQ, Pondok Al-Qur’an dan BKMT. Di setiap masjid dan mushalla semestinya pendidikan agama tidak terputus pada tingkat Madrasah Dinniyah Awaliyah saja. Tetapi harus dilanjutkan pada Madrasah Takmiliyah Wustha di tingkat SLTP dan Madrasah Takmiliyah ‘Ulya untuk tingkat SLTA. ”(Rhama)

Sosialisasi Standar Pengelolaan PAI SD, SMP/A/K se-kota Bukittinggi di aula Kemenag Bukittinggi (Dari kiri ke kanan : Kasi Mapenda,Ka.Kankemenag,Narasumber,Tua Pokjawas)